7 Rekomendasi Film tentang Santri yang Inspiratif – Hari Santri diperingati tiap tiap 22 Oktober sejak slot server thailand diterbitkannya Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 mengenai Hari Santri, layaknya dikutip dari laman Kementerian Agama.

Ada lebih dari satu cara yang mampu di tunaikan untuk memperingati moment ini. Salah satunya bersama dengan menyaksikan film mengenai santri.

Film bertema santri kebanyakan mengisahkan mengenai kehidupan di pesantren atau proses belajar para santri.

Dengan menyaksikan film bertema santri, di kehendaki kami mampu mendapatkan motivasi dan gagasan untuk jelas layaknya apa kehidupan di pesantren.

7 Rekomendasi Film tentang Santri yang Inspiratif

Di rangkum dari berbagai sumber, berikut tujuh film mengenai santri yang di rekomendasikan.

1. Wanita Berkalung Sorban (2009)

perempuan berkalung sorban, Wanita Berkalung Sorban (2009)Rekomendasi film mengenai santri yang inspiratif, salah satunya Wanita Berkalung Sorban (Kharisma Starvision Plus)
Wanita Berkalung Sorban merupakan film drama yang di sutradarai oleh Hanung Bramantyo. Film ini di bintangi oleh Revalina S. Temat, Oka Antara, Widyawati, dan Reza Rahadian.

Film yang di angkat dari novel berjudul serupa karya Abidah El Khalieqy ini melukiskan sosok Anissa yang mendambakan memerdekakan diri dari lingkungan pesantren dan keluarga yang menganut normalitas konservatif.

Anissa begitu gigih memperjuangkan hak wanita bersama dengan terus belajar dan berpegang teguh pada Al Quran, hadis, dan sunah.

2. Sang Pencerah (2010)

Di rilis pada th. 2010, film berjudul Sang Pencerah joker123 ini di sutradarai oleh Hanung Bramantyo. Sederet aktor dan aktris yang membintangi film ini di antaranya Lukman Sardi, Zaskia Adya Mecca, Slamet Rahardjo, dan lainnya.

Sang Pencerah mengisahkan mengenai perjalanan hidup salah satu ulama besar Indonesia, yakni K.H. Ahmad Dahlan yang penuh inspirasi.

K.H Ahmad Dahlan di kenal sebagai seorang pendiri organisasi Islam Muhammadiyah di Indonesia. Dalam film ini di tunjukkan peran K.H. Ahmad Dahlan dalam mewujudkan organisasi tersebut.

Baca Juga: 7 Film Terbaik Sepanjang Masa di Netflix, Sabet Banyak Penghargaan

3. Negeri 5 Menara (2012)

Datang dari sutradara Affandi Abdul Rachman, Negeri 5 Menara mengisahkan mengenai Alif yang mendambakan mewujudkan impiannya untuk melanjutkan pendidikan sampai kuliah.

Namun, Alif di minta untuk masuk ke pesantren bernama Pondok Madani. Di Sana, Alif bersua bersama dengan empat orang rekan dan sesudah itu mereka menamakan diri sebagai Sahibul Menara.

Film yang di adaptasi dari novel karya Ahmad Fuadi ini di bintangi oleh sejumlah aktor dan aktris senior layaknya Ikang Fawzi, Lulu Tobing, David Chalik, Donny Alamsyah, dan juga Ariyo Wahab.

4. Sang Kiai (2013)

Film Sang Kiai atau The Clerics (2013).Rekomendasi film mengenai santri yang inspiratif, salah satunya Sang Kiai (Rapi Film via FFI)
Sang Kiai merupakan film mengenai santri yang berlatarkan Perang Dunia II, tepatnya sementara Jepang menjajah Indonesia pada 1942.

Film yang di garap oleh sutradara Rako Prijanto ini mengisahkan mengenai Perjuangan masyarakat Indonesia dalam melawan penjajahan Jepang akibat dari pemaksaan ritual menghormati matahari.

Film ini di bintangi oleh Adipati Dolken, Dimas Aditya, Christine Hakim, Ikranagara, dan Agus Kuncoro.

5. Kalam-Kalam Langit (2016)

Kalam-Kalam Langit merupakan film drama religi yang di sutradarai oleh Tarmizi Abka. Film ini di bintangi oleh Dimas Seto dan Meriza Febriani.

Film yang di rilis pada 2016 ini mengisahkan mengenai seorang pemuda bernama Jafar yang di tentang oleh sang bapak untuk meraih mimpi di bidang Musabaqah Tilawatill Quran.

Alasannya, hal berikut di akui memperjualbelikan kalam-kalam Allah cuma demi popularitas dan imbalan hadiah semata.

6. Cahaya Cinta Pesantren (2016)

Cahaya Cinta Pesantren (2016)Rekomendasi film mengenai santri yang inspiratif, salah satunya Cahaya Cinta Pesantren (Fullframe Pictures)
Di angkat dari novel berjudul serupa karya Ira Madan, film Cahaya Cinta pesantren ini datang bersama dengan genre drama komedi.

Film garapan Raymond Handaya ini mengisahkan mengenai Shila, seorang anak nelayan di Danau Toba yang gagal meraih impiannya masuk sekolah yang di inginkan.

Film yang di bintangi sejumlah aktris muda layaknya Yuki Kato, Febby Rastanty, dan Vebby Palwinta ini tak cuma mengisahkan drama dan agama namun juga persahabatan.

7. Pesantren (2022)

Pesantren merupakan salah satu film mengenai santri yang sayang untuk di lewatkan. Film dokumenter karya Shalahuddin Siregar ini menyuguhkan sisi lain dari kehidupan pesantren.

Film ini juga mengisahkan mengenai bagaimana kehidupan para santri di pesantren yang jarang terekspos dan di ketahui oleh masyarakat.