8 Drama Filipina yang Pernah Tayang di Indonesia – Jauh sebelum akan drakor sepopuler sekarang, layar kaca Indonesia sudah dulu di hiasi dengan drama-drama dari negara lain. Ada drama Tiongkok, Thailand, bahkan Filipina. Nggak sedikit pula sinetron Indonesia yang merupakan versi remake dari drama negara lain. Kalau anda penasaran mirip apa saja drama Filipina yang dulu tayang di Indonesia, simak daftarnya di bawah ini!

8 Drama Filipina yang Pernah Tayang di Indonesia

Pangako Sa ‘Yo (2015)

Pangako Sa ‘Yo (secara harfiah bermakna “Ini yang Aku Janjikan Kepadamu”) merupakan serial TV romansa melodrama dari Filipina yang tayang pada pada tahun 2015. Menceritakan kisah mahasiswa keperawatan yang bercita-cita jadi juru masak. Untuk memenuhi kebutuhan, ia menjajakan makanan di sebuah kantor. Kemudian ia jadi jatuh cinta dengan salah satu pria yang bekerja di kantor tersebut.

Pangako Sa ‘Yo merupakan remake dari sinetron Filipina tahun 2000-an yang berjudul sama. Di bintangi oleh bintang muda Kathryn Bernardo, Daniel Padilla, Jodi Sta. Maria, dan Angelica Panganiban. Di Filipina sendiri, serial ini tayang jadi pukul 25 Mei 2015 hingga 12 Februari 2016.

Kemudian, jadi 21 November 2016 MNCTV menayangkan kembali drama Filipina ini dengan judul “Janjiku”. Saat itu, drama ini tayang tiap tiap hari pada pukul 20.00 WIB. Penayangannya terakhirnya adalah pada tanggal 13 Januari 2017 dan di gantikan oleh sinetron berjudul “Untuk Selamanya”.

On the Wings of Love (2016)

Drama Filipina yang dulu tayang di Indonesia ini bercerita mengenai Leah Olivar yang terpaksa menekuni pernikahan kontrak dengan dengan Clark. Hal berikut di jalankan supaya bisa meraih izin untuk tinggal di San Fransisco. Setelah menikah, mereka pun jadi mengenal cii-ciri dan target masing-masing.

Saat baru di tayangkan di Indonesia pada 21 November 2016 lalu, serial drama ini langsung menuai banyak protes dari beraneka pihak. Pasalnya, drama yang di bintangi oleh James Reid dan Nadine Lustre ini di nilai tayang benar-benar malam, yaitu pukul 22.00 WIB.

Padahal, rangkaian cerita dari On the Wings of Love ini di anggap sangat menarik. Bahkan beberapa netizen meminta pertukaran jam tayang dengan drama sebelumnya.

Baca Juga: 5 Serial TV Barat Tahun 2000-an, Favorit Remaja Pada Masanya

Got to Believe (2013)

Bercerita mengenai Joaquin dan Chichay yang sudah bersahabat sejak kecil. Namun, persahabatan berikut kudu berakhir saat Chichay ubah ke area lain. Di saat yang bersamaan, Joaquin mengalami kecelakaan yang cukup fatal. 10 tahun kemudian, mereka bertemu kembali tapi dengan latar belakang yang berbeda.

MNCTV kembali menghadirkan drama Filipina yang di bintangi oleh Kathryn Bernardo dan Daniel Padilla setelah Pangako Sa ‘Yo. Drama berjudul “Got to Believe” di tayangkan jadi 6 Maret 2017 dengan judul Indonesia “Kaulah Takdirku”.

Drama yang tayang sebanyak 140 episode ini pasti saja sangat di nantikan kehadirannya oleh pemirsa. Dalam drama ini, Kathryn Bernardo berperan sebagai Chichay. Sedangkan Daniel Padilla memerankan cii-ciri Joaquin Manansala.

Journey to the West (1997)

Bercerita mengenai perjalanan sekelompok murid Buddha yang di buang dari surga karena melakukan kekacauan. Mereka di kirim ke bumi dan kudu lewat sepuluh era kehidupan untuk jadi lebih religius dan menebus dosa-dosanya.

Journey to the West atau di kenal dengan Kera Sakti di Indonesia merupakan serial TV Mandarin. Serial ini di bintangi oleh aktor Dicky Cheung, Kwong Wah, Wayne Lai, dan Evergreen Mak. Di Indonesia, serial ini pertama kali tayang pada tahun 1997 di stasiun TV Indosiar.

Setelah itu, ada beberapa stasiun TV lainnya yang menayangkan drama ini, di antaranya adalah Rajawali Televisi dan Trans 7.

Return of Condor Heroes (1983)

Return of Condor Heroes bercerita mengenai Yang Guo dengan kekasihnya yang merupakan seorang master bela diri. Mereka melakukan petualangan di jianghu. Namun, percintaan antara seorang master dan murid tetap di anggap sebagai perihal yang tabu. Mereka kudu hadapi beberapa ujian yang mengancam perpisahan mereka.

Serial Return of Condor Heroes di tayangkan dengan judul “Pendekar Rajawali” di Indonesia. Serial ini di produksi sejak tahun 1983, tapi baru di tayangkan di Indosiar pada tahun 1995 tiap tiap sore hari. Dibintangi oleh Andy Lau, serial ini berhasil menempel di hati pemirsa Indosiar era 90-an.

Drama percintaan slot bet kecil yang di bumbui dengan adegan laga bela diri ini tampaknya tetap di kenang hingga saat ini. Apalagi, serial ini mempunyai rangkaian cerita yang unik dan relate dengan kehidupan anggota komunitas bela diri.

Victor (2018)

Victor bercerita mengenai seorang anak yang bekerja di suatu museum Kanada. Di sela-sela saat luangnya, ia berusaha untuk melacak ibunya yang pergi meninggalkan Manila. Suatu hari, saat tengah bekerja, ia meraih kebolehan yang di kira berasal dari salah satu artefak misterius. Ternyata, kebolehan berikut di dapatkan dari Palu Mjolnir punya Thor.

Victor merupakan drama Filipina yang di sutradarai oleh Dominic Zapata dan di rilis pada tahun 2018. Serial ini merupakan adaptasi dari cii-ciri Thor, supaya mempunyai rangkaian cerita yang sangat menarik. Di negara asalnya, serial ini punyai judul Victor Magtanggol atau Heart of Courage.

Serial sejumlah 80 episode ini di bintangi oleh aktor-aktor tampan layaknya Alden Richards, Janine Gutierrez, Andrea Torres, dan John Estrada. Meskipun di produksi pada 2018, serial ini baru di tayangkan di Indonesia pada tahun 2022 di channel RTV.

The Legal Wife (2014)

Bercerita mengenai perempuan bernama Monica yang hidup bersama bapak dan dua saudaranya. Sejak kecil, ia senantiasa meraih kasih sayang yang melimpah. Saat beranjak dewasa, ia bertemu dengan Adrian, pria baik yang memperkenalkannya dengan arti cinta sesungguhnya. Namun, setelah menikah, hubungan mereka di uji dengan terdapatnya orang ketiga bernama Nicole.

The Legal Wife merupakan drama Filipina garapan sutradara Rory B. Quintos dan Dado C. Lumibao. Di bintangi oleh Angel Locsin, Jericho Rosales, JC de VerA, dan Maja Salvador. Di Indonesia, serial ini di siarkan oleh RTV dengan judul Air Mata Istri.

RTV menayangkan Air Mata Istri pada 27 Januari hingga 13 Juni 2015. Selain di Indonesia, serial ini termasuk di tayangkan di Vietnam, Kenya, Nigeria, Tanzania, dan Thailand.