Simak 5 Fakta Film Berbalas Kejam – Film Berbalas Kejam tayang mulai 16 Februari di Prime Video. Bercerita tentang Adam (Reza Rahadian), arsitek yang mengalami trauma akibat keluarga di bunuh oleh Mahjong Ways 2 perampok saat hari ulang tahunnya. Adam kemudian memburu para pelaku perampok dan pembunuh tersebut dan membalaskan dendamnya.

Ada beberapa fakta menarik di balik produksi film yang menjadi film debut dari rumah produksi Tiger Wong Entertainment milik Baim Wong ini. Berikut Media Indonesia rangkumkan.

Simak 5 Fakta Film Berbalas Kejam

Reza Rahadian dan Laura Basuki jadi pilihan sejak awal

Produser Berbalas Kejam, Baim Wong, mengatakan pemilihan Reza Rahadian dan Laura Basuki sudah muncul sejak awal spaceman slot ia membaca skenario film yang di tulis sutradara Teddy Soeriaatmadja ini. Menurutnya, keduanya akan memberikan lapisan karakterisasi yang meyakinkan untuk salah satu adegan kunci di film.

“Saya mau buat film ini asal yang main Reza dan Laura. Ketika genre thriller dibuat, konsepnya kan secara general sama. Karena tadinya tujuannya adalah (tayang) bioskop, saya mau film ini juga berat ke dramanya. Dan untuk itu, butuh pemeran dengan detail. Dan hanya Reza dan Laura yang bisa. Kalau bukan keduanya, scene di kantor itu bisa basi. Karena di situ keduanya benar-benar tahu karakternya,” kata Baim dalam sesi wawancara dengan Media Indonesia di Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Rabu (15/2).

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Akhir Pekan, Saw X hingga Pamali: Dusun Pocong

Mencari skenario hingga delapan bulan

Baim butuh waktu delapan bulan sebelum akhirnya bertemu dengan naskah garapan Teddy. Proses pencarian itu juga di ungkap Baim kesulitannya bekerja sama dengan para penulis skenario film Indonesia yang sudah ‘di kunci’ oleh para rumah produksi.

Koreografi aksi sengaja dibuat amatiran

Sutradara Teddy Soeriaatmadja mengungkap di film ini, aksi laga yang tersaji memang sengaja di buat secara amatiran. Hal itu lantaran para karakternya memang tidak memiliki latar belakang ahli beladiri. Koreografi di susun oleh tim Abah Dinar, orang yang banyak di belakang koreografi aksi laga film-film Indonesia.

“Saya bilang bikin berkelahinya terlihat seculun mungkin. Jangan di kerenin, Karena ini normal guy. Bahkan act of killing-nya enggak di kerenin, lebih tenggelam dalam emosi. Ini adalah man driven by fear,” kata Teddy.

Jadi polisi, Yoga Pratama tidak mau selengean

Untuk mendukung karakter yang di perankan, Yoga Pratama enggan sembarangan menafsirkan perannya sebagai polisi. Ia juga membaca beberapa bahan bacaan sebagai sumber risetnya.

“Saya baca artikel dan novel yang autentik dengan tema polisi. Dan karena aku orangnya petakilan, jadi agak jauh dengan peran yang kumainkan. Jadi butuh penyesuaian, ada latihannya, cara ngomongnya lain,” kata Yoga.

Tantangan Laura Basuki

Aktris peraih silver bear Berlinale 2022, Laura Basuki berperan sebagai Amanda, psikolog di film Berbalas Kejam. Ia mengatakan memang tidak menempuh riset dengan bertemu atau berbincang dengan psikolog sungguhan. Ia lebih banyak berdiskusi dengan sutradara. Namun, ternyata ada beberapa hal yang menjadi tantangan Laura dalam memerankan karakter ini.

“Paling tantangannya, di bagian awal kan Amanda itu tidak menunjukkan sisi emosional yang fluktuatif. Nah bagaimana saya memainkannya dengan kata-kata sederhana tapi tiap katanya ada lapisan emosinya,” jelas Laura.